Wisata Keraton Surakarta Hadiningrat Solo

Wisata Keraton Surakarta Hadiningrat Solo

Keraton ini merupakan tempat bersejarah yang didirikan oleh Susuhunan Pakubuwono II pada tahun 1744, hingga sekarang keraton ini masih berfungsi dan ditempati oleh raja serta masih menjalankan tradisi Jawa yang khas.

Di area keraton juga terdapat museum yang berisikan benda-benda yang bersejarah seperti hadiah dari kerajaan di Eropa, replika benda pusaka, kereta kencana dan alat musik jawa.

Di keraton Surakarta juga terdapat 2 gerbong kereta yang diberi nama KA Pesiar dan salah satu gerbong ini dahulu di pakai untuk membawa jenazah Pakubuwono X, selain gerbong kereta disini juga terdapat pusaka keramat milik keraton yaitu Kebo Bule.

Harga tiket masuk Keraton Surakarta bisa dibilang cukup terjangkau. Menurut Dany, harga tersebut baru saja mendapat penyesuaian setelah bertahun-tahun tidak dilakukan.

Untuk rombongan, tiket masuk per orangnya Rp 10.000. Sementara untuk perseorangan maka harganya Rp 15,000 per orang. Lalu untuk wisatawan asing Rp 20.000 per orang.

Lokasi Keraton Surakarta Hadiningrat. Bangunan bersejarah ini berada di alamat Baluwarti, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144.



Subscribe to receive free email updates: